Minggu, 26 Juli 2009

Raptr, Situs Facebook Versi Game

Bermain game lewat Internet telah menjadi aspek yang esensial untuk menvirtualisasikan setiap game ke dalam pasar game online. Namun, dengan adanya ledakan komunitas social online, trend ini kemudian melebihi platform game biasa. Untuk itu, kini telah hadir Raptr, sebuah layanan komunitas social online yang baru, datang untuk gamer. Raptr, kini hadir dalam versi beta dan dalam term yang simple, seperti Facebook dalam versi game-nya.

Raptr memudahkan gamer untuk membuat profile, meng-upload avatar, mengatur list teman, mengirim pesan baik public atau private, dan menjaga agar apa yang telah dilakukan dalam game tetap up to date. Banyak pilihan jejaring social yang familiar di Facebook, seperti activity feed, pesan real time dan sebagainya, yang juga dapat ditemukan di Raptr. Portal social ini juga memberikan akses kepada user untuk membangun database game yang mereka miliki, dan mereka dapat memilih game mana saja yang dapat dimainkan bersama teman dalam satu jejaring social.

Situs Raptr ini dapat memfungsikan game seperti World of Warcraft dan Guitar Hero III, juga layanan game seperti Steam dan Gamercard Xbox 360 untuk membuat sebuah gabungan gambar aktivitas bermain game. Aktivitas ini mulai dari permainan yang baru, yang akan ditambahkan ke activity feed, dimana teman yang lain juga dapat memasukkan aktivitas permainan terbaru lainnya.

Raptr ini masih memiliki beberapa kekurangan dan batasan. Salah satu kelemahan yang serius seperti kecepatan ketika mengupdate activity feed, karena datanya dikumpulkan dari banyak source yang berbeda, dan update tidak datang secara real time. Sebagai contoh, ketika user bermain dengan layanan Raptr selama dua jam, dan Xbox Live Gamercard yang ingin dimainkan belum tertampil di profile-nya, hanya berbentuk layar blank dan bertuliskan "Data is loading from Xbox Live."

Layanan Raptr ini masih terbatas, banyak dari fiturnya yang sudah ada di aplikasi Facebook, yang memiliki fungsi yang sama. Raptr juga mendapat persaingan yang ketat dari EA, yang juga membangun layanan game soislanya sendiri, yang dinamakan Rupture, yang akan segera rilis. (h_n)

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com