Minggu, 26 Juli 2009

PLUS MINUS BLACKBERRY

Apa sih kelebihan blackberry dibanding ponsel lain ? jika memag fitur yangb disajkan layak dengan harga selangit yang ditawarkan, mungkin ponsel kita menandinginya?
Memang sih lagi ngetren. Tapi ngetren belum tentu “paten”. Jangan heran bila dada pengguna ponsel blackberry sekalipun masih memliki pertanyaan pertama diatas. Salah siapa?
Bukan salah vendor atau operator yang memberi informasi kurang memadai. Sudah menjadi budaya berponsel tanah air. Ketika ada ponsel baru, mahal, digunakan oleh selebritis, bahkan sering muncul disinetron, maka permintaan terhadap perangkat tersebut akan meningkat.
Masih segar dalam ingatan kita fenomena menarik saat peluncuran komunikator Nokia 9500 dan E90 di Indonesia. Selan daftar inden, antrian panjang pembeli disalah satu lokasi penjualan resmipun menjadi tanda adanya gejala “ latah gadget” di Negara kita.
Bahkan saking panjangnya daftar orang Indonesia yang inden,kabarnya peluncuran pertama di Dunia Communicator 9500, yang semula di jadwalkan di Singapura dipindahkan ke Jakarta. Dahsyat !
Lalu apakah Boming-nya blackberry, mengarah ke fenomena ‘ latah ’ lainya? Mengacu pada sejarah, Blackberry merupakan produk dari perusahaan Research in motion (RIM) yang lahir dan besar di pasar Canada dan Amerika Serikat. Di tengah masyarakat denga budaya lebih akrab dan mengandalkan email untuk berkirim pesan teks ketimbang SMS. Bagaimana di Negara kita? Masyarakat Indonesia dan Asia Pasifik pada umumnya lebih suka berkirim pesan teks melalui layanan SMS.
Rasanya percuma saja, bilakita menggunakan perangkat blackberry hanya untuk berkirim SMS dan telepon misalnya. Atau melakukan chatting dan browsing internet justru dengan menggunakan jalur data, bukan dengan layanan internet blackberry…..

Kelebihan BlackBerry
Untuk menjadi seperti sekarang, black berry harus melewati pengalaman puluhan tahun dan tetap setia diluar negeri sana, perangkat dan layanan black berry seperti sudah mendarah daging karma telah membentuk kebudayaan tersendiri: kemudahan ber-email.
Namun disamping itu, black berry pun punya kelebihan diantaranya adalah:

1.Push mail
Kunci sukses blackberry terletak pada layanan hebtnya, yakni system penyampaian informasi melalui server khusus. Informasi yang disampaikan berupa email gegas alias push email.
Sekedar mengigatkan anda, push email merupakan metode menjemput email dari mail server ke perangkat Anda oleh sebuah server yang terdedikasi. Sehingga email baru yang masuk akan segera tertampil di ponsel secara real time, alias di saat itu juga layaknya sebuah SMS masuk.
Bedakan system push email dengan memeriksa email secara konvensional. Biasa disebut pull-mail.di mana kita harus mengakses situs email untuk mengetahui informasi jumlah inbox dan membacanya via browser dan aplikasi outlook. Metode terima dan kirim email secara ‘push’ini memang dilalui secara server blackberry tidak bisa gratis. Jika anda berniat memanfaatkan layanan ini, Anda akan menentukan. Masing – masing operator menyelenggarakan layanan blackberry dengan tariff yang bermacam-macam. Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan. Ada dua. layanan yang disediakan blackberry untuk keperluan ini, yakni BES ( blackberry Entrprise Server ) dan BIS ( Blackberry Internet Service ). Untuk anda yang bermaksud menyulap email pribadi untuk di-push, maka anda menggunakan BIS. Sedangkan untuk anda yang berniat menggunakan email perosahaan atau korporat, anda bias menggunakan BES. Layanan push email blackberry “BIS” memungkinkan kita menyeimpan 10 alamat email sekaligus, baik yang berbasis POP 3 maupun IMAP.masing-masing didukung oleh kemampuan attachment melalui sebuah proses kompresi dan keamanan di server black berry.

2.Aplikasi Network
Sejumlah sarana jerjaring social,termask layanan chatting pihak ketiga tertarik dengan layanan jaringan data blackberry. Jadi, jangan heran bila facebook membuat aplikasi khusus untuk blackberry, termasuk juga Yahoo! Messenger, Goggle Talk dan layanan blackberry messenger. Belakangan ini, dua sarana networking facebook dan Yahoo! Messenger menjadi layanan idola yang diakses melalui perangkat ponsel. Dan Blackberry mengakomodasinya melalui sarana yang terintegrasi BIS. Artinya biaya yang diperlukan untuk mengakses facebook dan Yahoo! Messenger akan bersifat tak terbatas tanpa terpengaruh jumlah data yang terdownload dan terupload.

Kekurangan Blackberry
Sayangnya perngakat Blackberry relatof mahal untuk sebagian besar pengguna ponsel Tanah Air. Belum lagi biaya layanan yang cukup menguras kantong. Terutama untuk mereka yang tidak terlalu menyandarkan system berkirim pesan melalui email
Namun dibalik semua itu, perangkat Balckberry dirasa kurang sesuai untuk pasar Indonesia karena memiliki system keamanan yang terlalu ketat. Seperti yang sama – sama kita ketahui,perangkat Blackberry memiliki identitas khususselain IMEI. Identitas ini disebut PIN dan keberadaan dua identitas ini menjadi pilar utama saat melakukan registrasi layanan.
Bila kita membeli perangkat Blackberry dalam kondisi baru , maka PIN tidak menjadi hal yang menyulitkan. Sama sekali tidak. Namun masalah muncul saat kita bermaksud menjualnya, atau membeli perngakat second alias bekas.
Anda harus memastikan bahwa ponsel tersebut bukan hasil curian. Kalau iya, bersiap – siaplahuntuk mendapatkan perangkat dengan PIN yang sudah terblokir. Artinya sampai kapanpun Anda tidak bsa mengaktifkan layanan Balckberry.
Berikutnya, pastikan bahwa PIN dan IMEI ponsel tersebut sudah tidak terdaftar di layanan Balckberry manapun. Kalau perlu ajak penjualnya ke operator lama untuk melepas PIN nya.
Singkat kata, repot ! Anda akan mengalami keslitan yang mungkin tidak ditemui saat menjual perangkat ponsel lain.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com