Minggu, 26 Juli 2009

Final Fantasy XIII

Loading ... Loading ...

ff13_4Inti cerita Final Fantasy XIII mengisahkan pada tiga belas abad yang lalu di dunia FF XIII, dimana zaman fantasy dan teknologi telah ada, Dan di dunia tersebut terdiri dari dua tempat yang berbeda, yakni Cocoan dan Pulse. Cocoan merupakan tempat tinggal ras manusia yang melayang di udara. Dan tempat ini diciptakan oleh sebuah kristal yang superkuat, yang digunakan Fal’Cie (sebuah ras yang bukan dari ras manusia). Namun, seiring waktu berputar, manusia mulai khawatir dengan keselamatan tempat mereka dari ancaman dunia bawah, yang dihuni oleh para monster raksasa, serangga, mutan, dsb. Tempat tersebut dinamakan Pulse

Gejala kekhawatiran manusia ini mulai bermunculan, saat beberapa manusia mulai tertular virus yang diyakini berasal dari Pulse. Maka kelompok Holy Government of Cocoon mengkarantina manusia yang telah tertular. Melihat kecemasan dan kekhawatiran para penghuni Cocoan, Fal’Cie mengutus seorang wanita yang merupakan mantan prajurit terlatih, yang bernama Lightning untuk mengemban tugas menyelidiki kejadian ini.

ff13_3Dan Lightning merupakan tokoh utama di sekuel ini. Walau dari fisiknya dia terlihat seperti wanita yang manis, tapi dia memiliki kemampuan bertarung yang cukup hebat. Dengan dipersenjatai sebuah pedang unik yang dapat berubah bentuk menjadi sebuah senapan mematikan.

Gameplay di sekuel Final fantasy XIII ini hampir mirip dengan sekuel Final Fantasy dan judul game RPG lainnya yang masih di satu atap produksi Square Soft. Di dungeon, saat karakter bertemu dengan musuh, maka di atas kepala musuh akan muncul ikon. Kalau kedua belah pihak saling berdekatan maka pertempuran pun dimulai. Pemain juga dapat menyerang musuh disaat mereka lengah, dengan mendekatinya dari arah belakang. Kondisi ini membuat pertahanan (defense) musuh menjadi lemah. Perpindahan dari layar eksplorasi ke layar pertempuran didesain dengan cepat dengan sudut kamera yang pintar. Dan waktu pertarungan berakhir, maka dilayar akan menyajikan hasil pertarungan dan rangking yang ditandai dengan jumlah bintang, mulai dari satu hingga lima.

ff13_2Untuk sistem pertarungan Final Fantasy XIII masih menggunakan sistem pertarungan RPG klasik yakni menyajikan barisan perintah aksi yang berbeda untuk masing – masing karakter, seperti menyerang, bertahan, mengunakan item, mensummon monster, mengunakan ilmu sihir, dan sebagainya. Disamping itu, sistem ATB (Active Time Battle) juga bakal ditemukan dalam sekuel ini. Secara keseluruhan, system pertarungannya boleh dikatakan hampir mirip dengan sekuel Final Fantasy VIII dan judul game Chrono Cross. Pertarungan disekuel ini juga dipoles agar berjalan dengan halus dan cepat, sehingga pemain merasa sedang menonton animasi.

Selain menelusuri quest utama dan quest sekunder, yang menjadi keasikan tersendiri dalam setiap sekuel game Final Fantasy adalah menjelajahi setiap sudut peta ataupun dungeon untuk mencari peti harta karun yang mungkin saja berisi jenis item yang berkualitas bahkan sangat langka. Yah jika pemain beruntung. Namun di sekuel ini, peti harta karunnya berbentuk bola besi.

ff13_1Tokoh – tokoh dibalik pembuatan game Final Fantasy XIII masih dengan para tokoh yang sama yang membuat game Final Fantasy terdahulu, seperti Tetsuya Nomura, Nobuo Uematsu, dan sebagainya. Sebenarnya game Final Fantasy XIII hanya dirilis untuk Playstation3 saja. Namun akhir-akhir ini berita mengembirakan muncul, dimana juga bakal rilis untuk mesin Xbox360 juga. So… kita tunggu saja di tahun 2010.

FINAL FANTASY XIII
Developer : Square Enix
Publisher : Square Enix
Genre : RPG
Platform : X360, Playstation 3
Release date : TBA 2010

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com